Kuliner Khas Jawa Barat Ini Membuat Lidah Bergoyang!


Berbicara mengenai kuliner khas Jawa Barat tentu sudah banyak di perbincangkan karena memang cita rasa masakan yang sangat enak serta juga banyaknya cita rasa dalam setiap makananya. Sehingga kuliner khas Jawa Barat ini menjadi favorit kebanyakan orang. Ciri khas dari kuliner Jawa Barat sendiri adalah adanya rasa pedas. Makan khas jabar sendiri terkanal dengan citarasa makananya yang cukup pedas, karena memang cuaca yang identik dengan udaranya yang cukup sejuk serta dingin, meskipun tidak dalam musim kemarau. Maka dari itu untuk menghangatkan tubuh digunakanlah cabai sebagai penghangat alami warga jawa barat.

Berikut beberapa kuliner khas jawa barat.

Yang pertama ada kuliner berupa gepuk yakni kuliner khas Jawa Barat yang terbuat dari bahan utama berupa daging sapi, yang memilii rasa sedikit gurih dan manis. Biasanya gepuk akan dibuat dengan daging sapi yang sudah diiris searah dengan serat daging sapi tersebut kemudian direbus hingga setengah mateng, lalu di beberapa kali hingga agak terasa empuk. Daging sapi yang sudah empuk kemudian direndam adonan kedalam bumbu yang telah dicampur dengan cairan santan. Setelah itu rabus kembali hingga air santan terasa menyusut. Apabila sudah siap untuk disajikan gorenglah gepuk tersebut dengan sedikit minyak hingga berwarna kecokelatan lalu langkah selanjutnya angkat. Gepuk sapi tersebut. Santaplah gepuk itu dengan nasi hangat serta sambel yang sudah disediakan,

Kemudian ada minuman khas jabar yang disebut bandrek. Bandrek sendiri merupakan minuman tradisional khas jawa barat, yang akan dikonsumsi untuk menghagatkan tubuh. Minuman ini sering dihidangkan dalam cuaca yang sedang dingin. Bahan dasar utama badrek sendiri adalah jahe serta gula merah, namun pada daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri dalam memperkuat efek hangat yang akan diberikan wedang bandrék, merica, pandai, serai hingga telur ayam kampung. Banyak orang Indonesia mengakui bahwa bandrek dapat menyembuhkan beberapa penyakit ringan seperti sakit tenggorokan.

Kemudian terdapat minuman khas lainnya yakni bajigur. Bajigur sendiri adalah minuman hangat sebagi kulliner khas jawa barat. Bahan utama dalam minuman ini tak lain adalah santan serta gula aren. Sebagai penambah kenikmatan dapat dicampurkan pula dengan sedikit jahe, garam serta bubuk vanili. Minuman yang iasa disajikan dengan suhu panas ini sering dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan adanya kompor. Bajigur paling esuai diminum di saat cuaca sedang dingin atau basah karena hujan. Makanan yang biasa diadirkan bersama bajigur ialah ubi rebus, pisang rebus dan kacang rebus.

Comments