Kuliner Khas Jawa Barat Ini Sederhana Tapi Populer Bagi Para Pelancong!

Berbicara mengenai kuliner khas Jawa Barat tentu sudah banyak di perbincangkan karena memang cita rasa masakan yang sangat enak sera juga banyaknya cita rasa dalam setiap makananya. Sehingga kuliner khas Jawa Barat ini menjadi favorit kebanyakan orang. Ciri khas dari kuliner Jawa Barat sendiri adalah adanya rasa pedas. Buat Anda yang gemar dengan makanan pedas, karena memang identik dengan udaranya yang cukup sejuk serta dingin, meskipun tidak dalam musim kemarau. Maka dari itu untuk menghangatkan tubuh di gunakanlah cabai sebagai penghangat alami warga jawa barat. Berikut beberapa kuliner khas jawa barat.


Yang pertama yakni kerupuk melarat atau kerupuk miskin. Nama dari makanan kuliner khas Jawa Barat yang cukup unik ini merupakan kerupuk melarat atau sebutan indonesia sebagai kerupuk miskin. Kerupuk miskin ialah kerupuk khas daerah cirebon. Kenapa disebut sebagai kerupuk melarat? Tak lain karena makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari bahan utama berupa tepung aci atau tapioca. Kuliner khas Jawa Barat ini dapat dijadikan sebagai oleh-oleh orang rumah yang sangat enak. Dalam kegiatan pengolahan kuliner khas Jawa Barat ini tentu tidak memakai minyak goreng dalam memasak, melainkan memakai pasir yang telah dipanaskan maka dari itu disebut sebagi kerupuk melarat atau miskin. Namun tak perlu khawatir akan pasir yang menempel pada kerupuk, karena secara otomatis pasir tersebut akan terlepas apabila kerupuk sudah mengembang dan matang. Kuliner khas Jawa Barat ini biasanya disantap dengan sambal kacang untuk menambah cita rasanya.

Selain itu, terdapat pula kuliner khas Jawa Barat yang bernama Comro seta misro. Comro dan misro ini ialah kuliner khas jabar yang terbuat dari bahan utama parutan singkong, kemudian dibentuk bulat serta di dalamnya dieri isian. Hal yang membedakan comro dan misro tak lain adalah pada bagian dalam comro akan diisi dengan sambal oncom, sedangkan pada bagian dalam misro akan diisi dengan gula merah. Kuliner ini dimasak dengan cara digoreng karena itulah kuliner khas Jawa Barat ini diberi nama comro, yang memiliki arti yakni yang memiliki singkatan oncom di jero atau bahasa indonesianya oncom di dalam, sedangkan misro memiliki arti yang berasal dari singkatan amis di jero atau bahasa indonesianya manis di dalam. Kedua makanan kuliner ini cukup digemari oleh banyak pelancong serta dapat menjadi cemilan yang penuh cita rasa untuk disantap saat sedang hangat, terutama dengan cuaca yang dingin.

Comments