Cara Merawat Bayi Baru Lahir Secara Tepat dan Benar


Anda pasangan muda yang baru pertama kali memiliki baby? Tentunya Anda harus mengetahui cara merawat bayi baru lahir secara tepat. Hal ini memang perlu diperhatikan terutama bagi Anda yang baru memiliki baby pertama kali. Bagi para Bunda saat bayi baru lahir, memang perawatan awal bisa diserahkan kepada bidan atau perawat rumah sakit yang membantu ketika proses persalinan berlangsung. Namun pastinya Anda tidak bergantung secara terus menerus kepada perawat saat Anda dan baby sudah di izinkan pulang. Untuk itu, ketika Anda termasuk dalam kategori orang tua yang bisa dibilang baru belajar merawat bayi, maka Parenting Club menganjurkan Anda untuk menyimak ulasan artikel ini sampai tuntas. 

Berikut ini cara merawat bayi baru lahir secara tepat pada organ-organ yang penting: 

· Perawatan Wajah dan Kepala Bayi 
Perawatan pada wajah dan kepala bayi tentunya akan berkaitan dengan semua bagian-bagian yang ada di kepala bayi. Terutama pada permasalahan kulit kepala baby yang sering muncul kerak di kulit kepala, sehingga dianjurkan untuk mengoleskan produk baby oil yang aman untuk kulit bayi di sekitar area rambut atau kepala. Kemudian pijat secara perlahan kurang lebih selama 7-10 menit. Hindari kulit kepala si kecil dari ancaman biang keringat, caranya dilarang memakaikan topi di kepala baby ketika berada dalam rumah. 

· Perawatan Kulit Baby 
Kulit baby baru lahir pada umumnya masih terkesan sensitif, untuk itu Anda harus waspada dengan menghindarkan kulit baby dari ancaman infeksi bakteri/kuman yang bisa saja mengkontaminasi dari biang keringat atau polusi udara yang membuat baby Anda merasa tidak nyaman. Disarankan untuk menjaga kebersihan kulit si kecil, baby harus rutin dimandikan meskipun baby baru berusia 2 minggu. Cara memandikan bayi yang benar ialah dengan menggunakan air yang hangat dan gunakanlah waslap untuk memandikannya. Setelah baby selesai dimandikan, usapkan bedak di tubuh si kecil agar baby terhindar dari biang keringat dan terhindar dari kontaminasi bakteri yang membahayakan kulit si kecil. 

· Perawatan Pada Tali Pusar Baby 
Tali pusar baby pada umumnya tidak langsung bisa terlepas setelah baby keluar dari rahimnya sang Bunda. Lepasnya tali pusar membutuhkan waktu sekitar 5-10 hari supaya tali pusar bisa mengering lalu terputus sendiri dari pusar baby. Saat Anda ingin membawa pulang si kecil ke rumah dengan kondisi tali pusarnya yang belum kering maka Anda bisa membungkus tali pusarnya si baby tersebut dengan kasa yang sudah di sterilkan, supaya tidak terkontaminasi bakteri. 

Dengan pemahaman tentang cara merawat bayi baru lahir secara tepat dan ketelian dalam melakukan perawatan baby maka dipastikan baby Anda akan tumbuh sehat dan cerdas. Demikianlah informasi tentang perawatan si kecil yang baru lahir. Semoga bermanfaat!

Comments