Aneka Peralatan yang Diperlukan untuk Menyelam

Menyelam dalam laut tentu akan membutuhkan peralatan khusus yang akan mempermudah serta menjaga keselamatan penyelam. Jenis peralatan dibagi dua yaitu peralatan dasar dan juga peralatan tambahan. Peralatan dasar harus digunakan baik untuk penyelam pemula ataupun yang sudah profesional. Sementara peralatan tambahan bisanya hanya digunakan penyelam profesional. Ini karena peralatan tambahan akan digunakan untuk menyelam ke kedalaman laut yang tujuannya untuk penelitian ilmiah, penyelamatan dan lain-lain sehingga lebih rumit dari sekadar menyelam untuk melihat keindahan biota laut. Termasuk dalam peralatan dasar adalah masker, snorkel, rompi apung, pakaian selam, sarung tangan, pisau selam, fins boots hingga gear bag.


Tabung Gas

Tabung gas terutama akan digunakan dalam kegiatan scuba diving dan telah dirancang secara khusus agar dapat menampung udara dengan tekanan tinggi. Udara akan diisikan dalam tabung dan merupakan udara biasa yang dihirup setiap hari. Udara lebih ringan dibanding air, sehingga tabung gas akan lebih ringan. Daya apungnya juga lebih besar dibanding tabung yang tekanannya sudah berkurang. Tabung scuba dapat terbuat dari bahan steel atau baja ataupun alluminium alloys. Lapisan luar dari tabung akan terbuat dari baja dan dapat menghindarkan karat. Tabung biasanya juga akan diberi lapisan vinyl lalu diwarnai menggunakan cat. Untuk mengetahui bahan dan pabrikan tabung bisa dilihat di leher tabung.

Cairan Antifog

Saat menyelam atau melakukan snorkeling, masker yang dipakai kadang akan berembun atau berkabut. Pandangan dapat menjadi kabur karena embun yang menghalangi masker ini. Embun tercipta dari embusan udara hangat yang berasal dari paru-paru melalui hidung, sementara air di sekitar memiliki suhu yang lebih rendah. Saat menyelam, biasakan bernafas melalui mulut. Embun pada masker adalah hal wajar saat menyelam. Ini sebenarnya bukan masalah besar karena tiap penyelam akan diajarkan bagaimana cara mask clearing dalam air. Namun apabila terlalu sering masker berembun dan melakukan mask clearing, udara dalam tabung gas akan terbuang dan cepat habis. Penyelaman akan menjadi tidak nyaman.

Guna mencegah terjadinya embun saat menyelam, cara paling mudah adalah dengan memakai cairan antifog sebelum turun ke dalam air. Cairan ini bisa didapat dengan mudah di toko-toko khusus peralatan selam. Kita bahkan bisa menggunakan bahan lain yang lebih murah meriah di dalam rumah, yaitu pasta gigi. Ambil pasta gigi merek apa saja dan oleskan pada bagian luar serta dalam dari lensa masker. Ratakan dan bilas hingga bersih. Masker telah siap untuk digunakan dan terhindar dari embun yang terlalu sering muncul. Cairan antifog ini terutama berguna apabila kita hendak menyelam dalam waktu lama agar tetap nyaman tanpa gangguan. Demikian beberapa peralatan selam yang dapat kita gunakan.

Comments